Kosakata Bahasa Indonesia Yang Paling Sering Keliru Ketika Ditulis/Dieja

Kosakata Bahasa Indonesia Yang Paling Sering Keliru Ketika Ditulis/Dieja

"Salah kaprah yang menjadi lumrah", mungkin itulah kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan betapa seringnya kita menulis suatu kosakata dengan tulisan yang salah. Sebagai bangsa Indonesia, sudah seharusnya kita menggunakan kosakata yang tepat sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Namun sepertinya kesalahan penulisan kata semakin hari semakin menjadi hal yang biasa dipakai oleh setiap orang, dianggap suatu hal lumrah yang tidak perlu diperbaiki. Hal ini terjadi karena dua sebab.

Pertama, karena rasa malas orang Indonesia untuk mencari tahu mengenai kata yang benar sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), padahal kita bisa mencarinya di perpustakaan bahkan bisa di cari secara online di internet.

Kedua, karena ketidaktahuannya mereka pada saat salah menggunakan kata-kata tersebut. Ketidaktahuan ini terjadi karena kosakata yang salah tersebut sudah menjadi kosakata yang umum digunakan orang kebanyakan.

Oleh karena itu, mulai sekarang mari kita perbaiki penulisan kosakata tersebut menjadi tulisan yang sesuai dengan EYD.
Hal ini penting untuk dilakukan, apalagi bila anda terbiasa menulis artikel untuk blog atau website anda, jangan sampai pembaca anda merasa tidak srek dengan apa yang anda tulis di artikel.

Pada artikel ini, saya bukan sok pintar atau sok jago mengenai pembenaran kosakata yang biasa digunakan oleh anda, Namun saya hanya berusaha untuk mengingatkan penulisan yang sesuai untuk kosakata yang anda tulis sesuai dengan EYD.

Jujur saja saya juga malah sering salah menggunakan kosakata untuk artikel-artikel yang saya buat. Justru karena sering salah menggunakan kosakata tersebut, saya merasa perlu untuk membuat artikel ini untuk sekedar mengingatkan para pembaca mengenai pentingnya menulis kosakata sesuai EYD.

Berikut adalah daftar kosakata bahasa indonesia yang sering salah ditulis atau dieja.

Simak pembahasannya.

1. Zaman atau Jaman ?

Sebagian orang menganggap kata "zaman" adalah kata yang benar, namun sebagian orang lagi menganggap kata "jaman"lah yang bena. Meskipun  2 kata ini berbeda, namun maksud nya selalu sama yaitu untuk menunjukan suatu waktu, masa, atau rentang waktu.

Kata yang benar diantara 2 kata ini adalah "zaman". Arti kata zaman menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) adalah masa atau jangka rentang waktu di masa lalu atau masa sekarang(bisa panjang atau pendek).
misalnya,
zaman batu : adalah suatu masa dimana manusia menggunakan batu sebagai perkakas utamanya.

Contoh penggunaan kata zaman dalam kalimat :
Pada zaman dahulu kala, orang-orang menggunakan batu sebagai perkakas utama mereka.

2. Praktek atau Praktik ?

Kata yang benar diantara 2 kata ini adalah "Praktik". Sederhananya kita bisa buktikan kata "praktik" yang biasa ditambahkan dengan imbuhan, misalnya kata "Praktikum" tidak ada kata "Praktekum".

Dalam kamus besar bahasa indonesia "Praktik" memiliki makna pelaksanaan nyata dari teori, penerapan, atau pelaksanaan pekerjaan.

3. Standardisasi atau Standarisasi ?

Kata inilah kata yang sering salah digunakan oleh kita, bahkan beberapa media onlinepun kadang menulis kata yang salah.
Diantara 2 kata ini, yang benar adalah "Standardisasi", jadi salah besar bila kita menggunakan kata "standarisasi". Kata "Standardisasi" merupakan serapan dari bahasa inggris yaitu "standardization".

Dalam KBBI kata "Standardisasi" memiliki makna : suatu penyesuaian dengan pedoman yang telah ditetapkan.

4. Asas atau Azaz ?

Diantara dua kata ini yang paling benar adalah kata "Asas". Mengapa kata Azaz keliru ?
Karena kata "Asas" merupakan serapan dari bahasa arab "s" yang ada pada kata ini ditulis menggunakan huruf "sin" bukan "zai", dan "sin" didalam bahasa indonesia ditulis dengan "s".

Contoh penggunaan kata dari asas misalnya. "Mengenal 5 Asas Hukum Perjanjian".
Dalam KBBI kata "Asas" memiliki makna : dasar, dasar cita-cita atau hukum dasar.

5. Izin atau Ijin

Yang benar diantara 2 kata ini adalah kata "izin". Sama halnya dengan kata Asas, kata "Izin" juga merupakan kata serapan dari bahasa arab, dimana kata tersebut ditulis menggunakan huruf "Zai". Dan dalam bahasa indonesia huruf "Zai" ditulis dengan huruf "z" bukan huruf "j".

Dalam KBBI kata "Izin" memiliki makna : pernyataan mengabulkan, dan persetujuan membolehkan.




Nah, itulah beberapa kosakata yang sering keliru ketika ditulis atau dieeja.
Bila ada kata-kata lain bisa ditambahkan di komentar :-D

Mudah-mudahan bermanfaat,






0 Response to "Kosakata Bahasa Indonesia Yang Paling Sering Keliru Ketika Ditulis/Dieja"

Posting Komentar

Ada pertanyaan atau komentar ?

Silahkan isi di kolom komentar.
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak.